Categories
Windows

Cara Matikan Check Disk yang Membosankan di Windows

Untuk menghilangkan check disk pada saat startup Windows sangat mudah sekali. Dan memang langkah paling simplenya adalah dengan melakukan format hardisk maka masalah ini akan hilang. Namun menurut saya itu bukan langkah yang paling efektif. Karena tentunya dengan format hardisk resikonya adalah kita akan kehilangan data.

Walaupun kita awalnya sebelum format melakukan backup data dulu, namun Anda sendiri bisa membayangkan bagaimana kalau data-data tersebut sangat banyak. Tentunya dengan langkah ini akan menghabiskan banyak waktu.

Apa itu check disk ?

Pernahkah anda mengalami situasi dimana, ingin menyalakan komputer tetapi hanya muncul loading lama? Jika iya, tentu membosankan harus menunggu sampai proses selesai. Bahkan restart berulang2 dengan sendirinya. Jika Anda masih bingung bagaimana kasus check disk Windows itu karena Anda belum pernah mengalaminya, silakan Anda lihat penampakkannyaseperti pada gambar di bawah ini :

Ada beberapa situasi di mana PC Anda perlu menjalankan check disk saat startup atau reboot. Misalnya, jika Anda menjalankan perintah chkdsk pada drive sistem yang sedang digunakan untuk menjalankan OS Windows, maka akan menjadwalkan pemeriksaan disk untuk dijalankan pada reboot berikutnya. Windows mungkin juga memaksa check disk otomatis saat komputer Anda mati secara tidak terduga.

Check disk bisa menjadi tugas yang sangat menyita waktu. Jika Anda tidak ingin Windows meluangkan waktu selama reboot berikutnya, berikut adalah cara membatalkan atau menghentikan check disk (chkdsk) agar tidak berjalan pada Startup di Windows 10, 8, 7, Vista dan XP.

Buka Command Prompt sebagai administrator di Windows. Ketik perintah berikut dan tekan Enter.
chkntfs C:

Jika ada task chkdsk yang dijadwalkan, maka Anda akan melihat pesan “chkdsk has been scheduled manually to run on next reboot on volume C:.”

Jika dirty flag diset pada drive Anda, sistem akan memaksa check disk otomatis pada reboot berikutnya.

Metode penghentian check disk bervariasi tergantung bagaimana ia dijadwalkan.

Ketika komputer boot dengan dirty bit diaktifkan pada drive, Anda akan diminta untuk check disk untuk konsistensi sebelum Windows dimuat. Tapi terkadang Windows mungkin terus menjalankan chek disk secara otomatis pada setiap reboot dan ini bisa sangat menyebalkan. Untuk menghentikan check disk otomatis, Anda harus menghapus dirty bit dengan mengikuti tutorial ini:

Jauh lebih mudah menghentikan check disk yang dijadwalkan. Anda dapat membatalkan pemeriksaan disk yang dijadwalkan menggunakan Command Prompt atau Registry Editor.

Buka Command Prompt sebagai administrator. Jika Anda ingin menonaktifkan check disk yang dijadwalkan pada drive C: ketik perintah berikut dan tekan Enter.
chkntfs / x C:

Buka Registry Editor. Cari key di bawah ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager

Double klik pada Multi-String value “BootExecute” pada panel sebelah kanan.

Ini akan membuka jendela “Edit Multi-String”. Klik pada kotak Value data, dan kemudian hapus semua barisnya, kecuali yang terakhir.

Setelah selesai, klik OK dan tutup Registry Editor.

Nah, itulah cara mudah menghilangkan dan mematikan Check Disk yang membosankan Saat Start up Windows. Selamat mencoba, semoga bermanfaat …

By Heri Setiawan

an IT and researches - Selalu tersenyum meski coffemu terasa pahit - my energy and enthusiasm for blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *