Categories
Skripsi

Cara Membuat Abstrak Skripsi, Lengkap Contoh

Membuat abstrak dalam Skripsi atau makalah merupakan salah satu bagian terpenting untuk menarik minat pembaca terkait penelusuran isi dari skripsi atau makalah.

Bagaimana tidak? abstrak diibaratkan seperti sebuah deskripsi, yang di dalamnya mencakup ulasan singkat, garis besar, dan poin-poin penting lain dari makalah itu sendiri, Bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam memahami keseluruhan isi makalah.

Cara Membuat Abstrak Skripsi dengan Mudah

Jika abstrak yang penulis susun tidak dapat menarik impresi pertama dengan baik, peluang makalah ilmiah tersebut untuk dibaca lebih jauh sangat kecil. Terlebih, dalam hal publikasi artikel ilmiah, penerbit hanya menampilkan abstrak untuk bisa diakses secara gratis. Oleh karena itu, sebuah abstrak harus disusun secara efektif dan menarik.

Secara umum, abstrak makalah ilmiah harus mengandung struktur-struktur utama, yaitu latar belakang, metode singkat, hasil utama, dan kesimpulan dari topik yang dibahas. Abstrak yang efektif umumnya mengandung poin-poin esensial dari keseluruhan isi makalah yang dirangkum dalam 200-300 kata.

Panduan Menulis Abstrak Makalah

Bagaimana cara membuat abstrak makalah ilmiah yang benar? Berikut 10 tahapan yang harus diperhatikan.

Mulailah menulis abstrak setelah Anda menyelesaikan penulisan isi makalah ilmiah secara menyeluruh. Tidak ada abstrak yang baik jika dibuat di awal sebelum isi keseluruhan makalah (paper) selesai.

Pilih tujuan, hipotesis, dan kesimpulan utama dari makalah ilmiah pada bagian Pendahuluan dan Kesimpulan untuk dicantumkan di dalam abstrak jurnal atau makalah.

Tentukan kalimat kunci dan frase-frase penting pada bagian metode dan seleksi 2 atau maksimum 3 poin penting dari sana.

Identifikasi hasil utama dari makalah ilmiah yang ditemukan pada bagian hasil. Hasil utama ini haruslah berdasarkan data yang diambil dan dibahas dalam makalah yang bersangkutan untuk menjawab tujuan serta hipotesa penelitian.

Setelah poin 1-4 terkumpul, susunlah kalimat dan frase yang telah ditentukan ke dalam satu paragraph dengan urutan: Pendahuluan, Metode, Hasil, dan Kesimpulan

Pastikan paragraf pada poin 5 tidak mengandung:

Informasi baru yang tidak terdapat di dalam makalah ilmiah
Nama-nama/istilah tidak terdefinisi
Pembahasan dan sitasi literatur lain yang digunakan
Rincian tidak begitu penting seputar metode yang digunakan
Eliminasi informasi-informasi tambahan dengan hanya fokus menulis hal-hal berikut: rancangan studi dasar, metodologi dan teknik utama yang digunakan, penemuan utama, ringkasan interpretasi penulis, kesimpulan, dan implikasi

Periksa kembali konsistensi antara abstrak dengan isi dari makalah ilmiah yang dibuat

Ajukan permohonan kepada pihak lain untuk memeriksa abstrak yang Anda buat sebagai bahan evaluasi

Periksa kembali abstrak final Anda apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada instansi publisher jurnal tujuan (jumlah kata, tipe abstrak, kata kunci).

abstrak jurnal ilmiah
Contoh tampilan abstrak dari jurnal ilmiah Internasional Elsevier

Contoh Abstrak Tugas Akhir Sarjana

Contoh abstrak dari tugas akhir (TA) program sarjana ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk penelitian ilmiah setingkat paper skala nasional. Untuk jurusan-jurusan yang kuat akan data kuantitatif seperti teknik kimia, teknik industri, dan teknik mesin, penyajian data secara lugas dan sistematik merupakan syarat utama dari abstrak. Contoh di bawah ini adalah salah satu model ideal penyajian data yang apik dalam sebuah abstrak skripsi sarjana.

Judul PRODUKSI BIOETANOL DARI AMPAS TEBU (Saccharum officinarum Linn.) MENGGUNAKAN Neurospora sp. DALAM MEDIA KULTUR PADAT (SOLID-STATE CULTURE)

Tipe Dok Tugas Akhir Sarjana (TA)

Bidang Bioteknologi

Tahun 2020

ABSTRAK

Etanol dapat diproduksi dari biokonversi biomassa berlignoselulosa oleh Neurospora sp. melalui proses sakarifikasi dan fermentasi secara simultan dengan menggunakan kultur padat (solid-state) atau kultur terendam (submerged). Fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji potensi kultivasi Neurospora sp. menggunakan ampas tebu sebagai sumber karbon dan nutrisi, serta sekaligus sebagai media kultur padat dalam produksi bioetanol.

Pada penelitian ini, pengaruh jumlah inokulum yang digunakan terhadap pertumbuhan Neurospora sp. dan produksi bioetanol dikaji. Adapun rasio inokulum dan ampas tebu (jumlah sel/berat ampas tebu) yang divariasikan pada penelitian ini adalah rasio 1 (1,75 x 107); rasio 2 (2,5 x 107); dan rasio 3 (3,77 x 107) sel/g ampas tebu. Inokulum disiapkan dalam medium Potato Dextrose Broth (PDB) cair dengan menggunakan 20 g/L glukosa sebagai sumber karbon tunggal.

Laju pertumbuhan spesifik inokulum yang teramati pada temperatur lingkungan dan pH awal 5,3 adalah 0,0421 per jam dengan waktu penggandaan sel sebesar 16,5 jam. Pertumbuhan Neurospora sp. pada medium kultur padat hanya diamati secara kualitatif. Pertumbuhan Neurospora sp. pada rasio inokulum dan ampas tebu 3,77 x 107 sel/g ampas tebu terlihat lebih baik dibanding kedua variasi yang lain. Sedangkan produksi bioetanol yang tertinggi dihasilkan pada rasio inokulum dan ampas tebu 1,75 x 107 sel/g ampas tebu dengan perolehan produk sebesar 13,6% pada hari ke- 4 fermentasi. Dengan demikian, ampas tebu berpotensi sebagai sumber nutrisi sekaligus media kultur padat dalam proses produksi bioetanol.

Kata kunci: ampas tebu, bioetanol, lignoselulosa, Saccharum officinarum, solid-state fermentation, Neurospora sp.

Contoh Abstrak Penelitian Skripsi

Berikut contoh abstrak penelitian tugas akhir (skripsi) dari mahasiswa program sarjana salah satu perguruang tinggi negeri (PTN) ternama di Bandung. Detail lengkap dari tugas akhir ini:

Judul Karakteristik Hidrodinamika Pada Media Tanam Campuran Tanah Dan Kompos Serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan Dan Serapan Mineral Zinc Pada Tanaman Jagung (Zea Mays L.)

Tipe Dok. Skripsi Sarjana

Bidang Bioteknologi

Tahun 2014

By Heri Setiawan

an IT and researches - Selalu tersenyum meski coffemu terasa pahit - my energy and enthusiasm for blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *