Cara Membuat Artikel SEO Friendly Berkualitas

Heri Setiawan 2 min read
blog artikel

Menulis mungkin merupakan hal yang mudah bagi sebagian orang serta sulit bagi sebagian yang lain. Terlebih lagi jika harus menulis artikel yang SEO friendly di sesuaikan dengan mesin pencari.

Panduan cara menulis artikel SEO berikut ini akan memudahkan anda dalam menulis artikel sesuai standar google.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas

SEO adalah bidang ilmu tanpa pendidikan, Artinya, Materi tentang SEO selalu berubah ubah sesuai perkembangan jaman, di internet banyak membahas topik masalah ini.

Mulai dari SEO on Page hingga SEO OFF Page.

1. Kata Kunci

Membuat keywords ( kata kunci ) yang akan ditarget.

Misalnya, “cara membuat artikel SEO”.

Gunakan kata kunci terdiri dari dua-tiga kata (long-tail keywords) karena kata kunci satu kata didominasi sites ternama atau website berita.

Masukkan kata kunci tersebut di awal, tengah, dan akhir naskah, serta di subjudul (subheading) atau heading tags. Ulang penulisan kata kunci maksimal 2% dari jumlah kata yang ditulis.

2. Panjang Artikel

Panjang tulisan minimal 300 kata. Idealnya antara 800-1500 kata. Namun jika topik tulisan Anda langka, unik, belum ada di blog/web lain, hanya dua-tiga alinea pun sudah cukup, karena tidak ada saingan.

3. Asli, Bukan Copas

Tulis artikel karya sendiri, asli, orisinal, bukan konten salinan (hasil copy paste). Konten hasil copas memang bisa juga tampil di halaman depan Google, namun jika pemikin artikel mengetahuinya dan mengadukannya ke Google DMCA, maka tamatlah riwayat web/blog Anda kena penalti Google.

4. Internal Link/Inbound Link

Buat rujukan link (Internal Link) minimal satu.

Caranya berikan tautan ke tulisan yang sudah dibuat sebelumnya.

5. External Link/Outbound Link

Buat minimal satu tautan keluar (external link), yaitu link ke website/blog lain terutama yang relevan dan menjadi sumber/rujukan.

Contoh terbaik artikel yang sarat link internal dan eksternal adalah artikel di laman Wikipedia, misalnya informasi tentang Blog.

6. Heading Tags

Di Blogger, saat menulis postingan, ada pilihan Heading Tags seperti dalam gambar berikut ini untuk membuat subjudul: Heading (H2), Subheading (H3), dan Minor Heading (H3).

Heading artikel biasanya di awalali dengan format html seperti (h1 h2 h3 h4).

Selain menjadi SEO friendly, penempatan heading juga perlu di perhatikan. postingan blog atau arikel web akan lebih mudah dipindai dan dicerna dengan adanya Heading Tags.

Baca Juga: Cara Menulis Artikel Ramah Pengguna (User Friendly) di Web/Blog.

3. SEO Image

Gambar dalam postingan blog berfungsi sebagai media ilustrasi.

Jangan asal upload gambar (image/foto) untuk ilustrasi. Lakukan Rename ter-lebihdulu pada gambar sesui dengan kata kunci yang akan di target.

Setelah di upload, jangan lupa kasih Deskripsi.

Jika Anda menggunakan Blogger, setelah gambar dimasukkan kedalam naskah, klik gambar sekali, lalu klik link Properties untuk mengisi Title dan Alt Text yang merupakan deskripsi gambar.

Perbaiki Kualitas Konten Lebih baik

Judul Artikel

Pembuatan judul interaktif sangat di senangi mesin pencari, Judul yang interaktif berpotensi mendapat kunjungan organik dari mesin pencari.

Hindari Pengulangan Kata

Penggunaan kata yang berulang membuat  pembaca jengah, Sebagian orang menggunakan ini dengan harapan memperkuat keyword.

Penggulangan pada kata membuat pembaca seperti dejavu (seolah tadi sudah di baca) hindari penggunaan kata sama pada awal paragraf.

Biasanya terjadi di heading dan awal kalimat pembuka paragraf.

Kata Hubung

Dalam ilmu Komputer ( riset data text ) kata hubung menjadi sampah dan harus di buang. Kata hubung identik dengan kata penggangu yang tak bernilai.  Contoh kata hubung “dan,jika,bila,di…..dll”.

Penggunaan kata hubung yang terlalu banyak, membuat informasi terasa jauh. nantinya akan berpengaruh terhadap pembaca. Gunakan max-30% dari keseluruhan artikel

Berbeda dengan komputer, Manusia membutuhkan kata hubung sebagai penyambung, Gunakan kata hubung seperlunya. 

Penutup

Demikianlah panduan cara menulis artikel SEO friendly berkualitas. Secara keseluruhan 7 hal di atas merupakan komponen utama dari artikel SEO friendly. Jadi pastikan artikel yang kamu tulis sesuai dengan cara di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *