Categories
Skripsi

Cara Membuat Daftar Isi Skripsi Otomatis

Membuat Daftar isi dalam sebuah makalah atau karya tulis ilmiah lainnya mempunyai fungsi yang sangat penting.

Mengapa dikatakan sangat penting ? Sebab di dalam sebuah daftar isi, semua informasi mengenai bab, sub bab, isi, dan halaman dari suatu makalah semua tercantum.

Membuat Daftar isi Otomatis
Hal ini bertujuan agar pembaca jauh lebih mudah dalam mencari topik atau materi yang di bahas dalam makalah tersebut. Selain itu, pencatuman daftar isi ini juga bisa mempermudah dalam penyusunan sebuah makalah.

Mengingat pentingnya dalam membuat daftar isi dalam sebuah makalah atau karya tulis ilmiah yang lainnya, maka penulisan dalam membuat daftar isi juga harus jelas dan informatif. Jika penulisan daftar isi asal-asalan atau bahkan tidak rapih dapat menyulitkan pembaca untuk menganalisa isi makalah yang sudah kamu buat.

Format daftar isi pada umumnya memiliki standar khusus, terdiri dari tulisan judul dan sub judul di sebelah kiri, kemudian diikuti oleh titik-titik memanjang hingga ujung sebelah kanan, dan di ujung kanan terdapat nomor halaman yang menunjukan letak halaman judul atau sub judul tersebut berada.

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

Persiapan Membuat Daftar isi Otomatis
jika ingin menggunakan daftar isi otomatis, Ada beberapa syarat Persiapan yang harus di penuhi seperti berikut:

1. Judul Bab dan sub-sub judul

Bab harus menggunakan Format Heading Judul judul bab dan sub bab yang ingin muncul pada daftar isi harus menggunakan heading 1, 2 3 dst…

Pada umumnya judul-judul yang dibuat biasanya menggunakan ukuran font besar kemudian ditebalkan (Bold), tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis Judul-judul harus disajikan menggunakan heading.

Untuk judul bab menggunakan format heading 1, dan sub-sub bab menggunakan heading 2 jika sub-sub judul memiliki sub-judul lagi gunakan heading 3 dan seterusnya.

Cara Merubah Format Heading:

Pilih tulisan judul yang ingin diformat kemudian blok (seleksi), kemudian Tekan menu home, kemudian klik tombol heading yang ada disebelah kanan untuk group styles, seperti gambar di bawah ini:

group styles ms word

Dengan menekan menu heading, maka tampilan tulisan judul akan sesuai dengan format heading yang digunakan.

Silahkan format judul dan sub-sub judul menggunakan heading, judul dengan heading 1, sub-sub judul dengan heading 2, jika sub judul memiliki sub-sub judul lainnya maka gunakan heading 3 untuk sub-sub judul tersebut begitu seterusnya.

2. Modifikasi format Heading

Heading secara default memiliki warna text biru muda, agar warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan kita harus memodifikasinya terlebih dahulu sebelum heading tersebut digunakan untuk format judul dan sub-sub judul.

Caranya pilih menu home, kemudian lihat disebelah kanan tepatnya di group styles, silahkan modifikasi dulu format heading-heading yang tersedia agar sesuai dengan yang kita inginkan.

Misal heading 1, saya ingin warnanya hitam, jenis textnya time new roman, ukuran 16 dan ditebalkan maka, klik kanan pada heading 1, pilih menu modify, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

modifikasi heading ms word

Pada dialog pengaturan silahkan anda atur agar heading yang nanti akan kita gunakan untuk memformat tulisan sesuai dengan format yang kita inginkan, baik warna, ukuran text maupun jenis textnya.

Begitu juga untuk memodifikasi format heading 2, heading 3 dan seterusnya, caranya sama,pastikan bahwa judul bab dan sub-sub judul bab sudah diformat menggunakan heading1,2,3….

3. Perhatikan aturan penulisan judul dan sub judul dalam dokumen

Jika judul yang anda buat ingin dibuat 2 baris atau lebih, maka jangan menekan tombol enter saja tapi harus tekan tombol shift+enter agar si text pindah ke baris berikutnya, karena jika menekan enter saja, maka akan berpengaruh ke daftar isi yang tidak rapi.

Misal saya ingin membuat judul BAB I PENDAHULAN, tapi saya ingin tulisan BAB I ada di atas dan tulisan PENDAHULUAN di bawahnya, misal seperti di bawah ini

BAB I

PENDAHULUAN

Biasanya agar pendahuluan ada di bawahnya kita cukup menekan enter, tapi untuk persiapan membuat daftar isi otomatis, yang ditekan harus sift + enter. (semoga anda paham)

Langkah-langkah membuat daftar isi otomatis di MS Word
Saya anggap dokumen anda (skripsi, makalah maupun proposal), judul bab dan sub-sub judul bab sudah menggunakan format heading. langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi otomatis.

Langkah (1) : Ingat daftar isi yang dibuat harus didalam dokumen yang sama, silahkan menuju halaman dokumen yang di atasnya anda ingin membuat halaman daftar isi, klik pada halaman tersebut kemudian tekan tombol CTRL + SIFT + ENTER untuk insert halaman kosong di atasnya.

Langkah (2) : Pilih menu preferensece kemudian pilih tombol Table of contents (letaknya paling kiri), silahkan pilih tampilan daftar isi pada menu yang tersedia.

Maka tampilannya secara otomatis akan terlihat seperti di bawah ini (contoh):

Langkah (3) : Pilih style Contens, anda ubah sesuai dengan yang anda inginkan misalnya Daftar Isi.

Jika terjadi perubahan judul atau halaman dalam dokumen dikarenakan penambahan tulisan dan lain sebagainya, maka setelah selesai dokumen di edit, silahkan klik pada halaman daftar isi yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian tekan tombol Update Table.

By Heri Setiawan

an IT and researches - Selalu tersenyum meski coffemu terasa pahit - my energy and enthusiasm for blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *