Categories
Windows

Cara Sharing Printer di Windows 10

Jika anda mempunyai printer yang terhubung dengan komputer windows 10, Kamu bisa lakukan sharing dengan komputer lain. Fitur ini sangat berguna tanpa harus memindahkan data dan mencabut printer itu sendiri dari komputer lain.

Sistem operasi Windows 10 bisa melakukan sharing printer dengan cara terhubung melalui jaringan network.

Untuk jelasnya, berikut langkah-langkah cara sharing printer untuk Windows 10:

Cara Sharing Printer di Windows 10

Langkah pertama Untuk membagikan printer yang terhubung ke PC Windows 10 Anda dengan jaringan, Anda harus terlebih dahulu membuka aplikasi Pengaturan. Cara cepat untuk melakukannya adalah dengan mengklik atau mengetuk tombolnya dari Start Menu.

Dari Setting selanjutnya masuk ke menu Devices seperti pada gambar di bawah ini

Kemudian akan muncul layar baru dan disini kita bisa pilih pada tab Printer & scanner.

Di jendela sebelah kanan, pilih printer yang akan di share pada jaringan.

Setelah memilih printer, kemudian akan terbuka pilihan tombol. Klik pada tombol Manage.

Tahap selanjutnya “Pengaturan Printer” kamu bisa memilih pengaturan sesuai keinginan dengan cara membuka pada tab Printer properties.

Mengatur Printer Sharing

Windows 10 membuka jendela Properties printer Anda. Di sinilah Anda dapat berbagi printer Anda di jaringan.

Terlepas dari merek dan model printer Anda, Anda akan melihat sesuatu seperti tangkapan layar di bawah ini:

CATATAN: untuk sortcut cara alternatif untuk membuka jendela Properties printer Anda untuk berbagi printer Anda dengan jaringan: buka Control Panel, buka “View devices and printers” di bawah “Hardware and Sound“, klik kanan (atau tekan dan tahan) pada printer Anda, lalu pilih Properti printer dari menu kontekstual.

Setelah Klik Printer Properties, Kemudian pilih pada tab Sharing.

Jika sudah, Selanjutnya pilih option Share this printer. Selain itu, Kamu juga bisa me-rename nama printer sesuai ke inginan. Agar mudah di kenali oleh komputer lain dalam satu jaringan.

Secara default, Pilihan Render print jobs on client computers akan tercentang.

Artinya: Proses Render file dilakukan pada komputer Client

Jika Anda menonaktifkan pilihan ini pada komputer clien, Maka komputer clien itu sendiri akan memproses pekerjaan cetak menjadi perintah perangkat printer. Perintah-perintah ini kemudian akan dikirim ke server cetak, dan server hanya akan meneruskan perintah ke printer.

Jadi komputer Windows 10 Server Anda tidak perlu melakukan pekerjaan tambahan setiap kali PC Client mencetak di printer pada saat bersama.

Jika sudah, Saat ini printer sharing anda telah terkoneksi di jaringan network.

Tambahan cukup penting saat sharing di windows 10 adalah “driver printer sharing”. Berikut ini adalah cara install driver tambahan untuk printer sharing:

Cara install Sharing Driver Printer di dalam Jaringan untuk Windows 10

Jika Anda memiliki banyak komputer atau perangkat di jaringan yang menggunakan versi Windows berbeda, Anda mungkin juga ingin menyediakan Driver Tambahan untuk printer sharing.

if this printer […] install additional driver […] user do not have to find the print driver when they connect to the shared printer

kata windows

Buka pada tombol Additional Drivers.. Di dalamnya, pilih driver tambahan yang ingin Anda sediakan untuk komputer jaringan dan perangkat yang terhubung ke printer bersama Anda. Tergantung pada printer Anda, Anda harus memiliki opsi untuk mengaktifkan driver tambahan untuk berbagai jenis prosesor dan arsitektur sistem operasi.

Pilih driver tambahan yang ingin Anda instal untuk printer sharing Anda, lalu klik OK.

Namun, perhatikan bahwa, pada langkah berikutnya, Anda perlu memberi tahu Windows 10 di mana mendapatkan driver tambahan, jadi Anda harus mengunduhnya dari situs web dukungan printer Anda sebelum itu.

Windows 10 menanyakan di mana Anda bisa mendapatkan driver printer yang Anda pilih pada langkah sebelumnya. Telusuri atau ketik jalur ke folder yang berisi driver tambahan untuk printer bersama Anda.

Tekan tombol OK dari “Instal driver cetak,” dan, hampir seketika, Windows 10 akan mendapatkan driver tambahan dan tutup jendela dengan nama yang sama. Terakhir, klik atau ketuk Apply dan kemudian OK untuk menyimpan pengaturan Anda dan mulai berbagi printer Anda di jaringan.

Selesai.

By Heri Setiawan

an IT and researches - Selalu tersenyum meski coffemu terasa pahit - my energy and enthusiasm for blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *