Cara Membuat Nomor Halaman Skripsi

2 min read

Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berupa hasil penelitian yang disusun oleh mahasiswa program sarjana (S-1) sesuai dengan konsentrasi studi yang diambilnya.

Pembuatannya pun tidak boleh asal-asalan. Selain kualitas isi, ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, salah satunya yaitu pemberian nomor halaman. Nomor halaman ini nantinya berguna untuk keperluan pembuatan daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

Selain itu, dengan adanya nomor halaman juga bisa membantu pembaca ataupun dosen pembimbing untuk melakukan pemeriksaan naskah skripsi.

Aturan Membuat Nomor Skripsi

Pembuatan Nomor halaman skripsi tidak boleh asal-asalan, terdapat aturan baku terkait pemberian Nomor posisi dan tata letak. Sebagai contoh, Cover skripsi tidak menggunakan nomor halaman. Sementara halaman Kata Pengantar dan Daftar Isi menggunakan nomor dengan format angka romawi. Sedangkan Isi Skripsi memakai angka biasa.

Sebagai catatan, bahwa dibagian isi ini letak penomorannya tidak sama. Nah, inilah yang akan saya jelaskan di artikel ini.

Membuat Nomor Halaman Skripsi

Langsung saja, latihan awal untuk membuat penomoran halaman berbeda letak di word silahkan ikuti dan lakukan langkah-langkah berikut:

Langkah (1) Ketiklah sebuah naskah atau tulisan sesuka hati sobat. Pada tutorial kali ini kita cukup menggunakan 2 halaman saja, dengan ketentuan nomor halaman pada halaman pertama diletakkan di bagian bawah halaman dan halaman kedua terletak di bagian sudut kanan atas halaman.

Langkah (2) Letakkan kursor pada halaman pertama, klik Tab Insert kemudian Page Number selanjutnya pilih Bottom of Page, kemudian klik Plain Number 2 (nomor halaman terletak di tengah-tengah dan bagian bawah halaman).

klik Tab Insert kemudian Page Number
Langkah (3) Sesuaikan format nomor halaman, melalui tab Design dengan memilih Page Number dan Format Page Numbers. Lalu pilih salah satu format nomor halaman yang diinginkan.

Langkah (4) Jika format nomor halaman telah sesuai, sobat abaikan saja langkah nomor 3. Selanjutnya tutuplah Header & Footer Tools dengan cara klik Close Header and Footer di sudut kanan atas pada tab Design.

Langkah (5) Sekarang gulir mouse dan letakkan kursor pada awal halaman kedua, selanjutnya klik menu tab Page Layout kemudian klik di bagian Breaks, selanjutnya klik Next Page. Ini berguna untuk memisahkan section halaman pertama dan kedua sehingga dengan mudahnya kita mengatur agar pengaturan yang kita buat selanjutnya hanya berlaku pada halaman dua saja.

Langkah ini jangan sampai terlupa ya, karena langkah ini cukup PENTING.

Hasil yang kita dapatkan dari pilihan Breaks ini adalah halaman satu menjadi Section 1 sementara halaman 2 menjadi Section 2.

Langkah (6) Selanjutnya klik dua kali tepat pada nomor halaman di halaman kedua.

Langkah (7) Lalu nonaktifkan Link to Previous. Langkah ini jangan sampai terlewatkan ya, karena langkah ini berguna untuk mematikan fitur tautan nomor bagian bawah halaman (footer) dari halaman pertama, sehingga memungkinkan kita mengubah letak nomor halaman dua tanpa mengikuti halaman pertama.

Langkah (8) Hapus nomor halaman pada halaman ke dua. Tekan saja Backspace atau bisa juga dengan menekan tombol Delete di keyboard.

Langkah (9) Sekarang kita akan mengatur letak atau posisi nomor halaman pada halaman kedua. Pada Tab Design pilih Page Number selanjutnya pilih Top of Page, kemudian klik Plain Number 3 (Nomor halaman terletak di bagian sudut kanan atas halaman).

Langkah (10) Pada halaman kedua, lagi-lagi kita nonaktifkan Link to Previous. Ini gunanya sama dengan sebelumnya, hanya saja yang kedua ini untuk menonaktifkan fitur nomor halaman bagian atas halaman (header).

Langkah (11) Saya rasa sampai langkah ini tidak ada kendala. Ayo kita lanjutkan dengan pengaturan nomor halaman di tab Design lalu klik Page Number, kemudian klik Format Page Numbers.

Langkah (12) Pada kotak Page Number Format centang Start at kemudian ketik angka 2, karena halaman 2 kita mulai dengan nomor 2. Selanjutnya klik OK.

Langkah (13) Sekarang gulir mouse dan arahkan kursor ke halaman pertama. Lalu blok nomor halaman yang terletak di sudut kanan atas pada halaman pertama tersebut kemudian hapus dengan menekan tombol Backspace di keyboard.

Langkah (14) Terakhir, tutup dengan klik Close Header and Footer pada toolbar dan lihatlah hasilnya.

Sekarang nomor halaman pada halaman pertama terletak di bagian bawah halaman dan pada halaman kedua terletak pada sudut kanan atas halaman.

Heri Setiawan He is a Milinial's digital content writer. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about Blog, Internet Marketing and other IT-related specialist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *